Roh Suci Leluhur

Roh Suci Leluhur berarti mereka yang telah suci di alam para dewata atau telah bersatu dengan sang pencipta yang juga disebut moksa.

Karena roh yang disebut atman itu kekal adanya dan telah bersatunya mereka kembali dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, 
sehingga sewajarnyalah setiap umat manusia untuk dapat menghormati dan berbhakti pada leluhurnya agar selalu diberikan rahmat dan kerahayuan dalam setiap aktivitas sehari-hari di dunia ini.
Sebagai sradha kita untuk selalu ingat dan berbhakti pada mereka atas segala jasa kehidupan yang telah mereka berikan kepada kita dalam setiap aktivitas sehari-hari dan hukum karmaphala itu akan selalu ada. 
Ibaratnya, jika saja kita selalu melakukan swadharma kita dengan baik dalam rutinitas sehari-hari maka niscaya sesuatu itu akan memberikan hasil yang baik pula. 
Demikianlah pula leluhur pada kita;

  • Mereka akan selalu tetap ingat, jika saja kita tetap mengingatnya.
  • Menyayangi mereka dengan rasa bhakti yang tulus iklas, berati mereka juga akan menyayangi kita dalam setiap aktivitas kita sehari-hari.
Dengan bertemunya kita para keturunan atau pratisentana dengan roh suci leluhur yang telah manunggal atau moksa tersebut pada saat dilangsungkan piodalan atau saat sembahyang di Pura Kawitan dan sanggah kemulan kita masing-masing, 
Maka saat itulah kita dapat berbhakti pada mereka dan niscaya mereka pun akan selalu melimpahkan rahmatNya pada kita.
***